Index > Tentang Komite Audit > Latar Belakang Pendirian

Latar Belakang Pendirian

Bermula dari Forum-forum diskusi dan Forum Komite Audit dari The Indonesian Society of Independent Commissioners (ISICOM), yang secara konsisten banyak membahas masalah seputar Good Corporate Governance (GCG) dan juga peranan dari para Komisaris dan Komite Audit dalam membantu perusahaan agar mampu beroperasi sesuai dengan prinsip-prinsip GCG, lahirlah suatu keinginan agar pemikiran-pemikiran yang telah dihasilkan dalam forum tersebut, tidak hanya berkisar pada tataran konsep atau pemikiran saja, tetapi juga mampu ditularkan dan direalisasikan.

Keinginan yang begitu besar mendorong ISICOM dengan juga beberapa praktisi komite audit yang memiliki concern yang tinggi terhadap pola pengembangan komite audit – agar komite audit selalu updated, well informed, dan efektif dalam menjalankan tugasnya- sepakat untuk membentuk The Indonesian Institute of Audit Committee.

Komite Audit memiliki peran penting sebagai salah satu organ perusahaan yang mutlak harus ada dalam penerapan good corporate governance. Ikatan Komite Audit Indonesia didirikan dengan tujuan untuk memayungi serta melakukan pendidikan dan pengakuan terhadap kualifikasi anggota komite audit dalam rangka mempercepat transformasi perusahaan menuju good corporate governance.

Dengan melalui beberapa kali pertemuan antara ISICOM dengan beberapa praktisi komite audit yang bertujuan untuk membahas lebih dalam mengenai pembentukan The Indonesian Institute of Audit Committee, maka disepakati segera mendeklarasikan organisasi ini. Maka pada tanggal 20 April 2004 di Jakarta, dideklarasikanlah The Indonesian Institute of Audit Committee (Ikatan Komite Audit Indonesia) yang lebih dikenal secara singkat dengan nama IKAI.

IKAI dicetuskan oleh 9 orang anggota pendiri, yaitu Soedarjono (Komisaris Utama PT. Danareksa (Persero)), Irwan Sofjan (Ketua Komite Audit PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk)., Subarto Zaini (Ketua Komite Audit PT. BAT Indonesia Tbk.), M. Tjoek Soeroso (Ketua Komite Audit PT. Jasa Raharja), Tjuk Kasturi Sukiadi (Ketua Komite Audit PT. Semen Gresik Tbk.), Kanaka Puradiredja (Anggota Komite Audit PT. Astra International Tbk.dan PT. Bank Niaga Tbk.), dan Indra Safitri (Anggota Komite Audit PT. Inco Tbk.).

Pada tanggal 31 Juli 2004 di Jakarta, Ikatan Komite Audit Indonesia (IKAI) berhasil menyelenggarakan Rapat Umum Anggota yang Pertama, dengan beberapa keputusan yang telah disepakati oleh Anggota, diantaranya adalah:

Terpilihnya Anggota Dewan Kehormatan dan Anggota Dewan Pengurus periode 2004-2007

Disahkannya Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga dengan beberapa perbaikan

Disetujuinya Program Kerja Ikatan Komite Audit Indonesia periode 2004-2007


Mitra IKAI